You dont even know what's god has planned for you

Lately, gue yakin banget sama takdir. Semuanya berkat seleksi PTN yang super ketat, bahkan bisa di bilang kayak masukin benang kedalam jarum. Benangnya besar, lobang kecil; susah banget. Gue udah dari awal semester kelas 12 ikut sebuah bimbel dikawasan jakarta selatan padahal rumah gue di depok. Setiap hari minggu gue les, masuk jam 8 pulang jam 3 sore. Bahkan diakhir semester kelas 12 dan pas abis un gue intensif setiap hari bolak balik depok-jakarta selatan. And y'know kadang kadang gue masuk jam 8 balik lagi udah jam 8. Jadi, di tempat les gue tuh dapet stempel kalo masuk. Nah, gue tuh cuman bolong 4 harian doang saking gue pen bgt masuk PTN.

First tes itu Snmptn, gue ambil arsin ui, ars undip. Gue emang arsitektur holic. Berbekal nilai pas22an gue ga lolos sedangkan beberapa sobat gue lolos di pilihan nomor 1 mereka. Gue sempet drop parah langsung males les gitu.

Second, ppkb. Gue fail again padahal gue ambil paralel ui ars. Sedih dan malu. Gila paralel aja gadapet lu kaarrr. Down lagi gue.

Third, sbmptn. Seleksi yang super gila peminat ribuan kursi ratusan. Mana pas jaman gue *2013 itu soalnya karya anak ITB yang konon katanya ITB terkenal killer dalem buat soal. Jujur aja gue udah banting tulang buat tes ini. Mungkin 3/4 les gue belajar buat sbmptn. Pilihan gue masih sama kayak snmptn. Tapi, pas ngeliat soalnya haha gue ketawa---beda abis, soalnya beda banget. Abis TPA gue langsung mau balik rasanya. Bener gue gagal....

Fourth, simak UI. Tes masuk UI. Tes mandiri paling kece dan paling laris dicobain sama anak2. Hasil sbm belom keluar. Jadi saingan gue pas sbm sama pas simak sama aja anak nya. Pesimis gue. Padahal gue udah ambil pilihan paralel di akhir pilihan. Tes nya susah susah susah. B.ing awalnya gue kira gampang ternyata fatal gue salah disitu banyak hahah.

Fifth, mandiri UNDIP. Gue ikut mandiri undip sebelum tau gue gagal sbmptn. Gue rela ke semarang dengan pemikiran bahwa katanya kalo lo tes di sana peluang masuk lebih besar. Well, gue sih ga masalah toh semarang kampung gue brojol. Tes nya lumayan bisa dicerna beda jauh sama simak dan sbmptn. Tapi gue salah dalam pilihan gue. Seluruh pilihan gue susah untuk dilalui hahah. Gue gagal. Dan gue drop paraaahh bangett maksud gue, gue udah usaha sampe ke semarang dan itu tes lebih mudah sedikit dari simak. Dan gue gagal... gimana simak gue (gue belom tau hasil simak gue pada saat penguman undip). Bener, gue gagal simak. Fix, rasanya gue gamau tes lagi, gamau kuliah, gamau pulang kampung takut ditanyain orang nanti gue jawab apa, gamau apdet twitter soalnya sakit kalo dikasianin orang. Itu yang gue rasain.

Sixth, SMITS. Tes mandiri masuk ITS. Jalur gapake tes2an. Tinggal masukin nilai sbmptn nanti ITS yang nyeleksi. Gue udah nyaris ga ikut ini. Why? Well, coba lo pikir apa nilai sbm gue bagus? ITS tuh ga lebih gampang untuk dimasukin dibanding ui dan undip. Pilihan gue waktu itu cuman 1 padahal gue bisa milih 3 pilihan. Nyokap emang ga rela gue ga jadi arsitek makannya gue cuman milih ars. Gue ngerasa itu hal mustahil. Pilihan gue aja cuman 1 gimana gue bisa nyantol?

Last, UMBpt. Ujian masuk bersama. Ini tes yang gue ikutin karna gue frustasi ngeliat temen2 gue dapet ptn dan di selamatin sama temen2nya. Gue yang waktu itu haus akan kata selamat milih pilihan rada main2 tanpa pertimbangan. Bahkan nyokap gatau gue milih apa aja.....

2 tes terakhir itu ga pernah gue harapin untuk tembus. Gue udah pasrah swasta. Bahkan h-1 pengumuman smits dan umbpt. Gue udah ngerapiin swasta gue istilahnya tinggal masuk. Gue waktu itu yakin, Allah nyuruh gue di swasta buat jagain nyokap. Kalo gue jauh gue pasti susah jagain nyokap. Prinsip gue juga satu, You are the best because of what you are not where you are. Ptn atau pts itu cuman jalan buat sukses. Percuma lo masuk ptn tapi cuman gaya, ga mau belajar. Dan waktu itu gue sadar bahwa gue pengen jadi Arsitek bukan mau jadi Anak PTN. Dan keinginan gue masuk PTN itu 80% karena PRIDE dan 20% karena emang pengen  ._. Dengan bismillah gue ikhlas.
Malem sabtu, pengumuman ITS jam 00:01 tengah bolong malam. Gue udah gamau buka, pikir gue cuman nyakitin gue doang yang udah ikhlas sama jalan hidup gue. Temen gue ngeline gue buat buka. Ogah gue dan gue tidur. Jam setengah 2 malem gue kebangun karena sakit perut dan mimpi buruk. Gue gabisa tidur. Akhirnya gue iseng buka Web ITS. Tangan gemeteran, mata udah siap buat merem dan tissu udah ada di sebelah gue. Masukin deh tuh nomor peserta dan tanggal lahir. Ada warna yang muncul, warna yang gapernah gue liat. Warna nya indaaah banget, biru! Biru! Dengan kata selamat di atasnya. Awalnya gue kicep. Diem, ga ngerti apa ini mimpi bahkan gue berasa lupa siapa gue. Dari sofa gue berdiri lari dan teriak ke nyokap kalo gue lolos. Jam 2 malem.... nyokap ga ngerti apa2 ngeliat gue nangis di lantai dengan tisu yang seharusnya buat gue nangis sedih. Alhamdulillah, gue dikasih jalan lain sama Allah. Jalan lain, jalan lain, jalan lain! Rahasia Allah yang baru terungkap sama gue malem itu. Rencana Allah buat gue. Hasil keringet gue Depok-JakSel gue selama setaun. Doa orang tua gue dikabulkan. Alhamdulillah.

Dari peristiwa hidup gue, gue yakin. Kalo lo ga pernah berhenti buat berjuang, Allah bakal liat lo dan akan memberikan yang terbaik buat lo. Kadang, yang mana menurut lo terbaik bukanlah yang terbaik menurut Allah bagimu. Kadang, rejeki itu dateng dari tempat yang kita anggap tidak mungkin, karena kita lupa; tidak ada yang tidak mungkin buat Allah. Percayalah bahwa kalo lo gagal, berarti itu awal kesuksesan lo. Cobalah menerima apa yang ada, jalanin, yakini. Allah punya rencana indah buat kita :")

Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments: